Sabtu, 07 Januari 2012

Belajar Bersama Melumpuhkan UN Part II

A. Konfigurasi Elektron
Di dalam inti atom terdapat electron,proton,dan neutron. Nomor atom ( Z ) merupakan jumlah proton atau elektron dalam inti tiap tiap atom suatu unsur. Sementara itu, nomor massa atau massa atom ( A ) adalah jumlah totalproton dan neutron yang terdapat dalam inti suatu atom. Banyaknya neutron diperoleh daripengurangan massa atom dengan elektronnya. Inti atom dilambangkan dengan AZX.
Keadaan elektron dalam suatu atom dinyatakan oleh empat macam bilangan kuantum, yaitu bilangan kuantum utama ( n ),bilangan kuantum azimuth( l ), bilangan kuantum magnetic ( m ), dan bilangan kuantum spin ( S ).
Konfigurasi elektron merupakan cara penulisan pendistribusian elektron dalam orbital – orbital pada kulit utama dan sub kulit.
Aturan pendistribusian elektron sebagai berikut.
1. Prinsip Aufbau
Pengisian elektron dimulai dari orbital dengan tingkat energi rendah ke orbital yang tingkat energinya lebih tinggi.
Urutan tingkat energi elektron seperti berikut.1s,2s,2p,3s,3p,4s,3d,4p,dst….
2. Prinsip L arangan Pauli ( Prinsip Eksklusi Pauli )
Dalam suatu atom tidak boleh ada dua elektron yang memiliki keempat bilangan kuantum sama.
3. Aturan Hund
Jika terdapat orbital – orbital dengan energi yang sama, tiap –tiap orbital akan terisidengan sebuah elektronyang memiliki spin yang sama.( ½ penuh ).
4. Diagram Orbital
Jumlah elektron maksimum dalam suatu orbitasi sebanyak dua elektron. Muatan kedua elektron berharga negatife sehingga terjadi gaya tolak menolak. Gaya tolak elektron ini diimbangi dengan adanya rotasi yang arahnya berlawanan. Oleh karena itu, dalam suatu diagram orbital kedua elektron digambarkan sebagai dua anak panah yang berlawanan arah.
Oleh karna jumlah orbital pada kulit ke- n = n2 , jumlah maksimum elektron pada kulit ke – n = 2n2.
Penulisan diagram konfigurasi elektron dapat diwakili oleh unsur – unsur gas mulia yaitu  2[He], 10[Ne], 18[Ar], 36[Kr],54[Xe] 86[Rn].
  1. Sistem Periodik Unsur
Ssistem periodik merupakan suatu cara untuk mengelompokkan unsur – unsure berdasarkan sifatnya. Pengelompokan unsur  mengalami perkembangan berdasarkan hal –hal berikut.
  1. Sifat Logam dan Nonlogam
  2. Hukum Triade Dobereiner
  3. Hukum Oktaf Newlands
  4. Hukum Mendeleev
  5. Sistem Periodik Modern
Unsur – unsur  pada sistem periodik modern disusun berdasarkan kenaikan nomor atom. Susunan unsur ini dikenal dengan Tabel Periodik Unsur ( TPU ), yang terdiri atas periode dan golongan. TPU memiliki 7 periode yang disusun secara horizontal dari kiri kekanan. Unsur – unsur yang terletak dalam satu periode memiliki jumlah kulit yang sama. Sementara itu, kolom vertikal dari atas kebawah disebut golongan. TPU mempunyai 8 golongan yang terbagi atas golongan utama ( A ) dan golongan transisi ( B ).Unsur –unsur yang memiliki elektron valensi sama akan menempati golongan yang sama. Unsur  – unsure dalam satu golongan memiliki sifat – sifat kimia dan fisika yang mirip.
Unsur – unsur dalam TPU dibagi menjadi 4 blok. Yaitu blok s , blok p, blok d, dan blok f. Blok s dan p ditempati oleh golongan utama ( A ), sedangkan blok d dan f ditempati oleh golongan transisi ( B ).
Sifat unsur – unsur dalam sistem periodi berubah secara teratur.
1)      Dalam satu periode, jari – jari atom meningkat dari kanan ke kiri dan dalam satu golongan dari atas kebawah juga meningkat.
2)      Dalam satu periode, potensial ionisasi semakin kekanan dan dalam satu golongan semakin keatas akan semakin meningkat.
3)      Afinitas elektron dari kiri kekanan dan dari bawah keatas meningkat.
4)      Keelektronegatifan meningkat dari kiri ke kanan dan dari bawah keatas.Be

SUMBER : http://keluargasakinahku.com/prediksi-materi-soal-ujian-nasional-un-2011-2012-konfigurasi-elektron-dan-sistem-periodik-unsur/

1 komentar:

  1. inyond kangenkaaaa. :(
    eh kasih cantikki juga blogku. kenapa ko bilangi fotoku sm tomo lebai? jealousko? hahahah :P

    BalasHapus

About